ANIMASI FRAME BY FRAME
Animasi
Frame by Frame adalah membuat sebuah ilusi pergerakan dari sebuah gambar/objek
yang diam (still image) frame demi frame-nya. Pada materi ini kalian akan
mempelajari bagaimana cara membuat objek bergerak melintas pada Stage,
merubah ukuran , memutar, mengganti warna dan mengubah bentuk.
Ada beberapa istilah dalam pembuatan animasi, diantaranya adalah :
1. Frame dapat
diumpamakan seperti film, yaitu film merupakan kumpulan gambar yang dimainkan
secara berurutan dengan kecepatan tertentu, sehingga gambar tersebut terlihat
bergerak .
2. Keyframe adalah
frame dimana kalian menentukan perubahan pada tombol atau animasi. Pada animasi
tween, kalian membuat keyframe hanya pada titik yang penting di dalam
Timeline. Keyframe ditandai oleh titik di dalam frame. Keyframe
yang tidak berisi gambar di dalam layer ditandai oleh titik kosong.
3. BlankKeyframe artinya
kita mempersiapkan frame kosong untuk diisi objek baru, dan apabila kita
menggambar objek, blank keyframe tersebut sudah berisi objek. Blank
keyframe dilambangkan dengan titik bulat putih pada frame.
Motion Tween
Motion Tween adalah pergerakan suatu objek dari keadaan awal sampai
keadaan akhir. Motion tween sering digunakan untuk memberikan animasi berupa
merubah posisi benda,merubah ukuran benda,dan merubah visibilitas,kecerahan(brightness),kedalaman
warna benda. Merubah posisi benda dapat diartikan bahwa motion tween dapat
menggerakkan benda dari titik A ke titik B.
Shape Tween
Shape tween adalah perubahan bentuk dari suatu objek ke objek lain.
Untuk Shape Tween objek yang di animasikan harus berjenis Shape, untuk ukuran
file yang dihasilkanShape Tween lebih besar dibandingkan motion Tween
Classic
Tween
Pengertian classic tween tidak jauh beda dengan motion tween. Hanya
saja classic tween digunakan untuk animasi 2 dimensi.
Masking
Animasi masking adalah animasi objek yang menutup objek lain sehingga
objek yangditutupi terlihat transparan.
Contoh Skrip Pada Adobe
Flash
a. Untuk Memutar Lagu
musik = new
Sound();
musik.attachSound(“morning
glories”);
musik.start(0);
b. Untul Load Movie
on (release,
keyPress “<Enter>”) {
loadMovieNum(“standarkompetensi.swf”,
0);
}
Pastikan
nama (“*.swf”, 0) sama dengan yang di file.
c. Tombol
on (release)
{
gotoAndStop(1);
}
Resume Tugas ~ Catatan Frisca >>>>> Download Now
BalasHapus>>>>> Download Full
Resume Tugas ~ Catatan Frisca >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Resume Tugas ~ Catatan Frisca >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK RI